HAL YANG HARUS DI SIAPKAN KETIKA MAU MASUK KULIAH

0



Nur, Martapura 2023- Memulai kuliah tentunya hal yang sangat asing bagi calon mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang rumahnya jauh. Banyak hal yang memang harus kita siapkan ketika ingin memasuki dunia perkuliahan. Memilih kampus dan jurusan juga merupakan suatu hal yang memang harus kita siapkan dan jangan sampai kita menyesali di kemudian hari. Mempersiapkan dan men-design dunia kampus, dunia kuliah, dunia mahasiswa seperti apa yang ingin kita lewati, ingin menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja aktivitasnya seperti kupu-kupu yang kuliah-pulang-kuliah-pulang. Atau mengikuti beberapa organisasi, kuliah sambil jualan, ikut kegiatan sosial dan banyak hal lainnya yang bisa kalian rencanakan kedepannya.

Kuliah itu penting gak sih? Sebenarnya kehidupan di kampus dapat mengajarkan kita untuk membentuk cara berpikir kita agar lebih terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah yang ada di sekitar, Belajar merupakan proses kita mengajar untuk memperoleh keterampilan, pengetahuan dan makna dari apa yang kita pelajari. Ini merupakan proses orang untuk mengembangkan proses sikap, kemampuan dan kompetensi sosial juga nilai praktis yang ada di dalam diri kita.

Perlu kita ketahui bahwa masa-masa menjadi mahasiswa tidak akan terjadi 2 kali, mungkin di masa depan kita bisa memutuskan untuk kuliah lagi tetapi masa-masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa itu hanya terjadi 1x., maka dari itu sebelum memasuki dunia perkuliahan tentunya kita harus menyiapkan banyak hal untuk menghadapi semuanya.

Ada banyak hal yang harus kita siapkan dalam menghadapi dunia perkuliahan seperti persiapan mental yang dimana ketika kita sudah menjadi mahasiswa maka kita lah yang harus aktif dalam mencari informasi mengenai lingkungan seputaran kampus. Harus bisa mengatur waktu karena dunia perkuliahan tidak lagi seperti kita ketika berada di sekolah menengah atas (SMA) contohnya dalam segi berpakaian anak SMA setiap harinya wajib menggunakan seragam sekolah sedangkan di perkuliahan mahasiswa bisa menggunakan baju bebas formal. Transisi kehidupan sekolah dengan kehidupan kuliah paling ekstrim dirasakan ketika masih menjadi mahasiswa baru (MABA), yaps belajar di dunia perkuliahan tidak sefleksibel ketika kuliah, karena belajar di sekolah cenderung kaku, monoton dan tidak terlalu menantang.

Nah kalau di dunia perkuliahan tentunya akan lebih menantang, apalagi jam belajar yang fleksibel dan sistem belajar yang bervariasi. Tapi dengan adanya jam belajar yang fleksibel, secara tidak langsung kita harus pandai menggunakan waktu sebaik-baiknya. Oleh karena itu, sebagai calon mahasiswa baru sebaiknya mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia perkuliahan yang akan datang.

Referensi:

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)