HARI ANAK NASIONAL; ANAK TERLINDUNGI INDONESIA MAJU

0


Ahma Diah, Martapura 2023-
 Setiap tanggal 23 Juli masyarakat Indonesia memperingati hari anak nasional yang dibuat oleh Bapak Soeharto yaitu Presiden RI ke 2. Hal ini sebagai bentuk keinginan beliau untuk melihat anak anak Indonesia sebagai anak bangsa dan generasi penerus bangsa-bangsa. Pada tanggal 23 Juni 1979 pemerintah mengesahkan undang-undang nomor 4 tahun 1979 yaitu tentang kesejahteraan anak. Kemudian pada tahun 1984 presiden Soeharto menetapkan tanggal itu sebagai Hari Anak Nasional. (HAN) merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap salah satu kelompok yang sangat rentan yaitu kelompok anak agar terlindungi dan dapat tumbuh kembang secara optimal, mendorong keluarga untuk menerima usulan Hari Anak Nasional yang disahkan menjadi undang-undang pada tanggal 23 Juli 1979.


Sudah Tahu Belum Fakta Hari Anak Nasional? atau  pernahkah anda mendengar hari anak nasional? ternyata masih banyak yang belum tahu tentang momen atau hari tersebut lho, momen peringatan ini hadir dengan makna sebagai bentuk kepedulian bangsa terhadap tumbuh kembang anak. Apalagi  mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka kelahiran yang tinggi, maka penting bagi warga negara Indonesia untuk mengetahui tanggal atau momen bersejarah, salah satunya adalah (HAN). Selain itu, ada  beberapa  fakta yang perlu diketahui.


1. Penetapan tujuan refleksi anak tidak hanya menjadi momen kenangan, namun (HAN) diharapkan menjadi momen refleksi khusus bagi anak-anak Indonesia, selain menjadi kesempatan untuk mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan.


2. Adanya perubahan tanggal ternyata HAN pertama kali diperingati sejak tahun 1952. Perayaan yang digagas oleh kongres wanita Indonesia disambut baik oleh presiden soekarno di mana masa pemerintahan beliau, HAN di peringati setiap bulan juli dan tanpa penetapan tanggal yang jelas. Namun pada akhirnya pemerintah sepakat untuk menetapkan tanggal 1 Juni sebagai HAN. Pernah juga HAN diperingati  saat tanggal 6 Juni sesuai dengan tanggal lahir presiden pertama indonesia Soekarno dan pada akhirnya  HAN diperingati setiap tanggal 23 Juli, karena tanggal tersebut menjadi hari penting untuk kesejahteraan anak.


3. Mempunyai tema yang berbeda setiap tahun, fakta menarik dari HAN adalah tema  yang diangkat berbeda pada setiap tahunnya, tak heran juga jika momen ini  sangat ditunggu oleh anak Indonesia, tujuan adanya pergantian tema yang berbeda setiap perayaan adalah untuk menjadikan anak Indonesia lebih baik dan selalu mengikuti perkembangan.




4. Masuk ke dalam 150 negara yang merayakan. Fakta unik dan menarik dari HAN Indonesia adalah masuk ke dalam 150 negara di dunia yang merayakan momen tersebut bahkan menurut survey yang dibuat oleh varkey foundation pada tahun 2017, anak Indonesia dinobatkan sebagai salah satu anak paling bahagia, ceria dan sehat dari 140 negara.


5. Diperingati berbeda di tiap Negara hari anak ternyata diperingati pada tanggal yang berbeda beda setiap negaranya. Sebagai contoh Republik Turki memperingati Hari anak pada tanggal 23 April dan sementara PBB sendiri sudah menerbitkan Hari anak internasional  pada tanggal 1 Juni dan Hari anak universal pada tanggal 20 November. Nah Sekarang anda sudah tahukan, fakta menarik tentang Hari Anak Nasional? Jadi anda tidak perlu lagi atau tidak tahu sama sekali dengan momen penting ini. 


Referensi:

Arif, Gosita, 1989, Permasalahan perlindungan anak Akademi Presindo, Jakarta: Maidin

Gultum, 2008, Perlindungan Hukum terhadap Anak dalam sistem peradilan Anak Indonesia, Bandung: Refika Aditama

Farid, Muhammad, 2000, Eksploitasi seksual komersial Anak,tantangan bagi Indonesia dalam seandainya aku bukan anakmu,potret kehidupan anak Indonesia penerbit kompas Jakarta https:\www-pn-palopo.go.id

Widhia Arum wibawana seputar hari anak nasional jatuh pada tanggal 23 juli dan serta informasi sejarah 

Yudithia.dianputra.fip ac.id

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)