FAKULTAS TARBIYAH BEKALI MAHASISWA MELALUI PEMILIHAN KONSENTRASI AGAR SESUAI KEBUTUHAN ZAMAN SEKARANG

0


Sayuda, Martapura 2023- Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura melaksanakan kegiatan Peningkatan Kesiapan Lulusan yg Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat Mitra Strategis, berlangsung di Gedung Tarbiah, Ruangan Mikro, Lantai 3, Kota Martapura, Rabu (12/07/2023).


Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah Bapak Mihrab Afnanda M. Pd dan Ketua PS. PAI Bapak M. Miftah Arief, M. Pd, sekaligus narasumber kegiatan ini, serta beberapa Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura dan disiarkan langsung di youtube resmi Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura.


Disebutkan Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman, manfaat dan kelebihan masing-masing konsentrasi yang nanti mereka pilih. Konsentrasi yang akan mereka pilih adalah, Al-Qur'an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih dan Akidah Akhlak.


‘‘Berbicara mengenai apakah bagian dari peningkatan atau kenaikan akreditasi boleh dikatakan betul. Karena ini nantinya akan meningkatkan kualitas lulusan PAI sendiri. Kegiatan pada dasarnya dilaksanakan setiap semester Genap ke Ganjil.” Ucap bapak Miftah Arief selaku salah satu narasumber kegiatan ini.


Ada beberapa rangkaian kegiatan tersebut yang mana salah satunya adalah sosialisasi pemilihan konsentrasi bagi mahasiswa Prodi PAI semester IV yang akan memasuki semester V. Kegiatan ini juga, biasanya dilaksanakan setiap semester Genap ke Ganjil. Rangkain Kegiatan ini yang nantinya akan disambung lagi dengan Sosialisasi Pengajuan Judul Skripsi Online atau disingkat SIMJUSI Online untuk mahasiswa semester 7 dan pemilihan mata kuliah pilihan.


Terkait keseimbangan dalam lingkup mahasiswa PAI, tentu akan diseimbangkan dengan rasionya. Pemilihan konsentrasi ini sudah dalam agenda tahunan Fakultas Tarbiyah yang mana melalui berbagai tahap perencanaan dan kematangan dalam setiap pelaksanaannya.




Berbicara Relevansi tentu kita harus meluruskan dulu pengertiannya. Relevansi yg dimaksud adalah menyeimbangkan perkembangan yg ada saat ini. Rangkain Kegiatan ini pun nanti akan disambung lagi dengan sosialisasi pengajuan judul Skripsi Online atau SIMJUSI ini untuk mahasiswa semester VII dan pemilihan mata kuliah pilihan.


Disini nanti mahasiswa akan diberi pandangan kiat-kiat menyelesaikan tugas akhir tepat waktu, gambaran tema-tema penelitian yang kekinian atau isu-isu terbaru. Sehingga mahasiswa Fakultas Tarbiyah Khususnya Prodi PAI siap dan mampu bersaing nantinya setelah selesai berkuliah.


Dikatakan Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih sudah 4 kali setiap tahunnya dari hasil evaluasinya terlihat jelas mahasiswa bisa selesai tepat waktu dan Mengecilnya persentase lulus terlambat.


Bapak Miftah Arief mengatakan ‘‘baru-baru ini saja mahasiswa PAI sebelum melaksanakan kegiatan KKN kurang lebih sekitar 15 Orang sudah ACC Skripsinya. Artinya dampak positif kegiatan ini yg dinaungi Fakultas Tarbiyah bisa dikatakan berjalan sesuai dengan harapan”.


Semoga nantinya kegiatan ini akan lebih bisa ditingkatkan lagi. Harapannya Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura bisa bersaing dengan kampus-kampus lainnya dan Menuju Prodi PAI yang Unggul nantinya. Tentu ini akan dapat terealisasikan dengan kerjasama berbagai pihak internal maupun eksternal.


Menurut Fahrianoor yaitu Mahasiswa Prodi PAI Terkait dengan seminar kemaren, ini sangat bermanfaat, karena kita mendapat penjelasan lebih detail terkait rincian-rincian dari program konsentrasi di Program Studi PAI. Dalam seminar tersebut ada beberapa perbedaan poin yang dapat saya ambil yaitu mahasiswa akan di berikan pilihan dari 4 konsentrasi, mereka disuruh mengisi 3 kolom dengan konsentrasi yang dia prioritaskan dan dua opsi lainnya jika konsentrasi prioritasnya tidak terjadi. Konsentrasi yang menjadi prioritas bisa saja tidak akan benar-benar terjadi pada mahasiswa dikarenakan nilai yang tidak mencukupi dengan standar konsentrasi tersebut, sehingga konsentrasi akan jatuh pada opsi yang kedua.


Begitu pula menurut Abdurrahman yaitu Mahasiswa IAID Martapura mengatakan Tanggapanya terhadap kegiatan ini untuk kedepannya sangat berarti dan penting bagi kami para mahasiswa angkatan 2021. Sebab, jika tidak diadakannya acara ini, maka dapat dipastikan kebingungan dengan pilihan kami, akan konsentrasi nanti baik dari segi teknis maupun kebutuhan kami di dalam memilihnya. Sehingga dengan diadakannya acara tersebut dapat mengurangi rasa bingung serta penasaran terhadap konsentrasi kami untuk kedepannya.


Masing-masing mahasiswa semester V diwajibkan mengambil konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhannya, dan kami nanti akan disuruh mengisi formulir surat pernyataan memilih konsentrasi sebanyak 3 pilihan, pilihan yang pertama paling utama dan seterusnya, jadi nanti pihak kampus yang menetapkan yang mana yg tepat dan cocok konsentrasi baginya, dan dari kampus kita sangat menekankan agar para mahasiswa memilih konsentrasi Al-Qur'an hadits, dan SKI, karena sebelumnya dua konsentrasi ini peminatnya sangat sedikit.




Tetapi acara tidak berjalan lancar yaitu kendala yang terjadi dalam acara tersebut adalah microphone yg bermasalah sehingga yang awalnya seharusnya bisa diakses secara offline dan online lewat YouTube hanya bisa bagi yang hadir saja (offline) untuk online lewat YouTube tidak dapat dilakukan karena tidak ada suara dalam video tersebut.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)