HARI ULANG TAHUN ASEAN (ASEAN DAY ) 8 AGUSTUS 2023

0

AHMA,Martapura 2023- Perhimpuan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of southeast Asian Nations (ASEAN ) resmi didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967, itu artinya tepat pada 8 aguistus 2023 ialah  merupakan Hari  Ulang Tahun (HUT) ASEAN ke- 56. ASEAN merupakan singkatan dari THE ASSOCIATION OF SOUTHEAST ASIAN NATIONS atau perhimpunan bangsa bangsa Asia tenggara yang di bentuk  pada tanggal 8 agustus 1967 di Bangkok Thailand dari  lima Negara pendiri yaitu  Indonesia, Malaysia, Fhilipina, Singapura, dan Thailand ( ASEAN 5 ) melalui   penandatangan dari  deklarasi Bangkok, oleh sebab itu 8 Agustus di peringati sebagai Hari ASEAN ( ASEAN DAY ). Pada tahun 2023 nanti, Indonesia juga akan fokos memperkuat ASEAN menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat inklusif dan juga Indonesia bertujuan untuk memperkuat kesepakatn  dan efektivitas kebangsaan.


ASEAN dan Indonesia bertekad mengawal menuju ASEAN 2045 yang lebih maju adaftif, responsive, dan kompotetif. Dan semua itu harus di perjuangkan dengan cara “ASEAN WAY “ yang sejalan dengan kata semangat  kerja sama dan implentasi prinsip piagam ASEAN. Dan menarikanya adalah HUT ASEAN KE -56 bertetapan dengan terpilihnya Indonesia sebagai ketua Asean 2023. Apakah kalian tahu Negara Yang mana yang tidak pernah di jajah di Asia Tenggara? Dan siapakah  yang mendirikan organisasi ASEAN? Memegang kesepakatan ASEAN, Indonesia turut berkesempatan menjadi tuan rumah peyelenggraan ASEAN submit 2023. Atau Konfensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 tahun  ini, ASEAN Submit 2023 berlangsung sebanyak dua kali seiringnya waktu berjalan, kini ASEAN memiliki 10 anggota Negara, yaitu Indonesia, Malasysia, Thailand, dan Fhilipin yang bergabung pada 8 agustus 1967, di ikuti Brunei Darussalam pada 8 januari  1984, Vietman pada 28 juli  1995, Laos dan Myanmar pada 23 juli 1997, dan Kamboja pada 30 april 1999. Semoga berdirinya ASEAN dapat  memperkuat  soladaritas, kerja sama antar negara dan dapat terus menjaga kawasan damai ( tanpa konflik dan perang ) sehingga penduduk Asia tenggara dapat membangun dan sejahtera. Ada 5 negara ASEAN Ini Tidak pernah di jajah yuk simak


1. Thailand, adalah satu satunya negara di asia tenggara yang tidak pernah di jajah.raja chulalongkorn salah satu raja terbesar raja terbesar di Thailand. Melalukan dan mencegah penjajahan dengan mengadopsi sejumlah kebiasaan eropa.)

2. Jepang merupakan salah satu Negara yang berhasil melawan penjajahan eropa karena negeri sakura tersebut telah mempersiapkan diri ketika rusia mencoba untuk meyerang  negaranya.berkat kesiapan tersebut jepang memenangkan perang  rusia-jepang pada 1950.

3. Arab Saudi ialah  salah satu Negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia ini  dan juga jadi salah satunya negara Asia yang tidak pernah di jajah sebelum menjadi kesatuan Negara, Arab Saudi di pimpin oleh beberapa kepala suku, namun pada tahun 1918 kerajaan ottoman berhasil meraih kekuasaan sebagian besar wilayah Arab Saudi.

4. Bhutan adalah  salah satu Negara di asia selatan yang  menjadi Negara yang beruntung karena tidak pernah di jajah dari bangsa Eropa. posisi geografis Bhutan yang cukup terisolir membuat bangsa Eropa merasa kesulitan untuk meyerang Negara yang beraeda  di sebelah Timur penggunungan Himalaya tersebut.

5. China  juga  saat ini,  belum pernah ada bangsa mana pun yang pernah menguasai seluruh wilayah China dan  selama Eropa melakukan upaya untuk menguasai dunia, dan China tidak mudah di taklukkan karena dia memiliki tentara dan pemerintahan yang kuat seperti kekaisaran ottoman, dan selain itu wilayah China yang besar menjadi salah satu alasan bangsa Eropa yang sulit menjadikan Negara Tirai Bambu sebagai target jajahan

"Apakah kalian tahu  ada 5 Tokoh Pendiri ASEAN Beserta Biografinya Yang perlu kalian ketahui"

1. Adam Malik (Indonesia), beliau adalah tokoh negeri pendiri ASEAN  ini mungkin seiring di sebut di dalam buku pelajaran bertema  sejarah ASEAN. Siapakah sosok Adam Malik itu ? Tokoh hebat ini memiliki nama lengkap  Adam Malik batubara beliu lahir di Pematang Siantar, Sumatera  Utara pada 22 juli 1917 yang merupakan anak ke 3 dari 10 bersaudara. Selain itu sebagai tugas menteri luar negeri saat mengegas ASEAN, Adam Malik pernah menjadi ketua DPR RI  TAHUN 1977-1978.


2. Thanat Khoman (Thailand), adalah beliau pendiri ASEAN yang merupakan seorang diplomantik Thanat Khoman sudah terlihat sejak ia menempuh pendidikan di Assumption Colagge, hingga di kemudian Thanat Khoman memawakili Thailand sebagai Negara penengah dan menjadi Negara tuan rumah dalam penandatngan deklarasi Bangkok pada 8 agustus 1967.


3. Tun Abdul Razak (Malaysia), beliau  adalah pendiri ASEAN dari Malaysia ini memiliki nama lengkap Kapten Tun Abdul Razak.beliau lahir di Petang, Malaysia pada tanggal 11 maret 1922. Tun Abdul Razak adalah seorang politis dari Malaysia dari tahun 1970. hingga akhir hayat 1976 Tun abdul razak adalah tokoh utama kemerdekaan Malaysia dari penjajahan inggris di tahun tahun 1957.


4. Narciso R. Ramos (Fhilpina) nama lengkap beliau adalah  Narciso Rueca Ramos, lahir di kota Asingan pengasingan pada 11 november1900, beliau merupakan seorang politikus dan diplomat asal Fhilipina yang juga mewakili pendatangan deklarasi Bangkok.


5. S. Rajaratnamn (Singapura), beliau pendiri ASEAN dari Singapura bernama Sinnathamby Rajaratnam yang lahir pada tanggal 25 febuari 1915 di Jaffna, Sri lanka.


Nah itu tadi ada 5 biografi sigkat pendiri ASEAN dari baliau.kita belajar memeliki kegigihan dalam memperjuangkan perdamaian dan kesehjahteraan antar Negara.


Referensi Kementerian parawisata dan ekonomi kreatif badan pariwisata dan ekonomi kreatif RI Rindi salsabela putri. CNBC Indonesia Fithriyah saiidah www.id Anisa Rizki febriani

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)