JADWAL UAS SUDAH KELUAR- MENILIK KESIAPAN MAHASISWA DAN DOSEN FAKULTAS TARBIYAH DALAM MENGHADAPINYA

0

Sayuda, Martapura 2023- Ujian Akhir Semester (UAS) Merupakan kegiatan akademis yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi dalam menyelesaikan studinya, sekaligus bentuk evaluasi akhir mata kuliah yang menekankan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk menentukan kelulusan mahasiswa pada tiap mata kuliah. UAS dilaksanakan di akhir semester setelah semua proses belajar mengajar selesai. mahasiswa masih disibukkan dengan berbagai kegiatan dan tugas-tugas yang diberikan dosen. Banyak mahasiswa yang menyempatkan mengerjakan tugas di sela-sela kegiatan perkuliahan.

 

Beberapa waktu lalu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama memberitahukan informasi tentang jadwal ujian akhir semester Fakultas Tarbiyah lewat WAG (Ketua Kelas Tarbiyah) yang mana di dalam WAG ini semua mahasiswa aktif (semester II hingga VIII) ada di grup tersebut. Bermacam tanggapan baik dari dosen maupun mahasiswa tentang kesiapan mereka terhadap munculnya pemberitahuan tersebut. kali ini Kominfo PAI mewawancarai salah satu mahasiswa  dari PS. PAI, dia mengatakan bahwa “Persiapan untuk menghadapi UAS ini secara pribadi. Saya perlu melakukan review materi kembali dengan tujuan memastikan kalau pemahaman disetiap pertemuan yang telah lewat memang sesuai dengan maksud penyampaian pengajar/dosen, sehingga ketika UAS itu tidak perlu terlalu banyak hafalan untuk menjawab soal karena kita sudah paham konsep materinya mau bentuk bagaimanapun soalnya, kita harus siap untuk menjawab”, Ujar Via Elviana.

 

Begitu pula dengan para dosen-dosen di lingkungan Fakultas Tarbiyah sudah menyiapkan soal-soal Ujian Akhir Semester (UAS) baik dalam bentuk lisan, tulisan, daring dan luring. salah satu dosen mata kuliah "Strategi Pembelajaran PAI" beliau memaparkan ada beberapa catatan untuk UAS, antara lain:

 

(1) Meninjau kembali materi yang sudah disampaikan atau dibahas bersama, jika ada materi yang belum sempat dijelaskan maka mahasiswa diminta untuk membaca dan menelaah secara mandiri atau berkelompok; (2) Menyiapkan pertanyaan sesuai materi, bisa dalam bentuk tertulis atau lisan dengan melihat kesiapan dan kondisi yang ada; (3) Memberikan waktu yang cukup untuk mahasiswa dalam menjawab atau menjelaskan pertanyaan yang diberikan; (4) Memberikan motivasi dan kenyamanan bagi mahasiswa dalam memberikan jawaban; (5) Memeriksa jawaban dan memberikan nilai sesuai dengan maksud dari pertanyaan yang diberikan.

 

Berbeda dengan mahasiswa dari PS PGMI Hayatun Nisa semester VI pun menjelaskan bahwa sudah ada beberapa dosen yang melakukan ujian akhir semester yaitu Pak Ridhani Fizi, M. Pd. beliau memberikan tugas memahami youtube kemudian di review, sedangkan Ibu Husnul Hatimah, M. Pd. beliau membagi dua kelompok kemudian membuat pertunjukan drama berdurasi 20 Menit/kelompok. adapun Bapak Muhammad Zulkifli, M. Pd. I beliau memberikan 5 buah soal tertulis, dijawab ditempat, boleh membuka buku dan internet.

 Kegiatan UAS Mata Kuliah Pembelajaran dan Sastra Indonesia Ibu Husnul Hatimah

Lebih lanjut Bapak Sahrahman, M. Pd. I selaku dosen pengampu "Strategi Pembelajar PAI" beliau mengharapkan agar mahasiswa di lingkungan Fakultas Tarbiyah untuk bersungguh-sungguh dalam mempelajari materi yang sudah para dosen ajarkan, terus rajin mengulang-ulang materi yang sudah dipelajari, menyiapkan mental, fisik, kesehatan, menjalin hubungan emosional yang positif kepada semua dosen pengampu serta optimis dalam menghadapi soal-soal yang keluar ketika masa UAS nanti. oleh karena itu beliau juga tak henti-hentinya mendo'akan dan mengajak mahasiswa jangan lupa berdo'a kepada Allah SWT agar dipermudah dalam menghadapi ujian akhir semester nanti dan mendapatkan ilmu dunia dan akhirat.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)