MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH; HARUS TAHU TIPS BELAJAR YANG MENYENANGKAN DAN EFEKTIF DALAM MENGAHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER

0



Annisa, Martapura 2023- Pernah tidak, kita merasa kurang cukup memahami mata kuliah? atau pernahkah kalian bertanya-tanya untuk tampil lebih baik di saat belajar atau saat ujian? kebanyakan mahasiswa menyadari kurang memahami sistematika metode atau strategi pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini tentu bisa terjadi, karena kuliah sangat berbeda dengan pendidikan sebelumnya (SMA/MA, SMP/MTs). Tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi, kemudian ujian tengah semester dan berakhir di ujian akhir. oleh karena itu para mahasiswa Fakultas Tarbiyah perlu memahami, beberapa cara belajar baru yang lebih efektif. Untungnya, ada banyak strategi belajar aktif dan efektif untuk mahasiswa, diantaranya:

Gunakan "Study Planner"

Banyak mahasiswa merasa kewalahan di pertengahan semester karena mereka tidak pernah membuat jadwal belajar. Di awal semester, kalian bisa menandai kalender mingguan kalian untuk belajar. Seperti mencatat jadwal presentasi, membuat makalah, atau mempersiapkan ujian. Kemudian, lakukan yang terbaik agar tetap konsisten dengan jadwal yang kalian buat.

Memilih Waktu Belajar

Setiap orang memiliki waktu belajar paling efektif yang mereka miliki. Ada yang merasa lebih nyaman belajar di pagi hari ada juga yang merasa lebih nyaman di malam hari. Karena waktu belajar setiap orang berbeda-beda tergantung rutinitas mereka. Kebanyakan mahasiswa lebih menyukai belajar di waktu pagi karena beberapa alasan. Ketika bangun tidur di pagi hari setelah memiliki waktu tidur yang cukup, tubuh menjadi lebih rileks dan otak akan jauh lebih siap untuk belajar. Banyaknya cahaya alami yang tersedia di pagi hari dapat membantu agar tetap fokus. Cahaya alami juga lebih baik untuk mata saat membaca dan melihat layar laptop. Waktu belajar di pagi hari juga cenderung sejalan dengan menjaga waktu tidur yang cukup.

Namun, bagi sebagian mahasiswa lebih nyaman belajar disaat malam hari. Karena jika memilih untuk belajar di malam hari, cenderung lebih sedikit gangguan, hal ini memberi kesempatan untuk berkonsentrasi lebih baik. Selain itu belajar sebelum tidur dapat memastikan proses konsolidasi memori mencapai puncaknya.

Gunakan Metode Belajar: Teknik Pomodoro

Mungkin sebagian dari kalian merasa asing dengan teknik belajar satu ini. Teknik ini mengacu pada manajemen waktu dengan interval waktu tertentu dan diselingi dengan waktu istirahat. Hal ini agar kondisi fisik dan psikis tidak bekerja terlalu keras.

Cara menerapkan teknik Pomodoro adalah: (1) pilih tugas yang ingin kalian selesaikan; (2) atur timer menjadi 25 menit; (3) fokus untuk kerjakan tugas tanpa membuka ponsel atau hanya sekedar melirik timer; (4) ketika alarm berbunyi, istirahat selama 5 menit. Kalian boleh melakukan kegiatan seperti melihat sosial media, atau menonton video di Youtube; (5) Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 4 kali; dan (6) setelah itu, kalian dapat beristirahat selama 30 menit dan kembali lagi ke awal.
Mendengarkan Musik

Sebagian dari kalian mungkin merasa nyaman mendengarkan musik ketika belajar, dan sebagian lagi mungkin tidak. Musik sendiri dapat bermanfaat untuk proses belajar dengan membantu kalian menjadi tenang, meningkatkan mood, dan memotivasi. Jika kalian ingin mendengarkan musik saat belajar, pilihlah musik instrumental yaitu musik yang tidak memiliki lirik, seperti musik klasik, backsound film. Jika di playlist ponsel kalian tidak memiliki musik instrumental, kalian dapat mencari video instrumental di Youtube dengan durasi yang beragam.

Buat Catatan

Ketika berada di kelas atau belajar di rumah, kalian bisa menulis catatan menggunakan bahasa kalian sendiri. Menulis materi menggunakan bahasa sehari-hari akan memudahkan otak kalian menyerap materi dengan lebih baik dan kalian akan lebih mudah mengingatnya.

Become a Teacher

Ketika di perguruan tinggi, mahasiswa pasti akan mendapat banyak tugas presentasi. Untuk membiasakan diri berbicara di depan kelas, kalian bisa membayangkan diri kalian sebagai seorang guru. Cobalah untuk berlatih menjelaskan materi dengan menggunakan bahasa kalian sendiri. Kalian bisa melakukan ini di kelompok belajar, atau ketika sendirian. Saat menjelaskan materi, kalian bisa gunakan contoh dan buat hubungannya antara konsep (seperti yang biasa dilakukan guru). Tidak menjadi masalah jika kalian melakukan ini dengan membawa catatan di tangan. Mungkin pada awalnya, kalian mengandalkan catatan untuk menjelaskan materi, tetapi dengan latihan yang berulang kalian kalian pasti akan terbiasa berbicara tanpa bantuan catatan.

Mencari Motivasi Belajar

Terkadang kita merasa bosan, malas, sulit berkonsentrasi ketika belajar, dan kurangnya interaksi. Kalian bisa mencari motivasi yang mampu membangkitkan semangat kalian untuk belajar. Seperti membuat kelompok belajar bersama-sama teman satu jurusan kalian, atau jika kalian merasa kurang nyaman belajar dengan kelompok, kalian bisa menonton video-video "Study with Me" di Youtube. Study with Me sendiri adalah video Youtuber yang merekam diri mereka sendiri ketika sedang belajar atau mengerjakan tugas, video mereka juga ditambahkan dengan timer beserta backsound yang bervariasi, mulai dari suara hujan, instrumen musik, api unggun, dan keheningan. Durasi video "Study with Me" sendiri sangat beragam, mulai dari 1 jam hingga 8 jam.

Jadi video "Study with Me" memberikan kalian teman virtual untuk menemani belajar. Sambil belajar atau mengerjakan tugas, kalian juga dapat melihat orang lain yang sedang belajar seperti kalian. Saat kalian merasa malas, kalian tinggal melihat teman belajar virtual kalian yang sedang serius belajar, dan kalian akhirnya akan merasa termotivasi untuk kembali belajar.

Itulah beberapa tips belajar yang bisa kalian terapkan sebagai mahasiswa. Dengan memulai kebiasaan belajar baru, kalian akan menemukan "learning style" yang cocok dengan rutinitas kalian. Kuncinya adalah bagaimana kalian konsisten melakukan kebiasaan baru tersebut hingga menjadi terbiasa.

Referensi:

The Learning Center, University of North Carolina at Chapel Hill, ‘Study 101: Study Smarter Not Harder” https://learningcenter.unc.edu/tips-and-tools/studying-101-study-smarter-not-harder/

Todoist, “The Pomodoro Technique: Beat Procrastination and Improve Your Focus One Pomodoro At a Time” https://todoist.com/productivity-methods/pomodoro-technique

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)