AHAD SANTUY: MAHASISWA TARBIYAH HARUS PAHAM BETUL PRESENTASI YANG MENARIK DAN TIDAK MEMBOSANKAN!

0




Nur, Martapura 2023- Di era globalisasi, kemampuan berbicara atau presentasi di depan umum sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek pekerjaan ataupun industri kreatif termasuk dalam proses belajar mengajar seperti ketika prsentasi makalah, tujuan dari berbicara di depan umum yaitu untuk dapat memperlancar upaya komunikasi dan berkembang dalam bidang tersebut.


Presentasi itu sebenarnya ilmu yang dipergunakan atau diperlakukan oleh semua orang. Oleh karena itu life skill atau kemampuan berbicara di depan umum merupakan hal penting untuk berhubungan baik dengan siapa saja.


JADI APA AJA SIH HAL YANG HARUS DIMILIKI UNTUK MENJADI PUBLIC SPEAKER YANG BAIK!"


  1. RASA TULUS. Seseorang perlu menyampaikan penjelasan dengan percaya diri dan disertai personal story yang positif.
  2. ORIGINAL. Dimana dia harus menjadi dirinya sendiri saat berbicara dengan orang lain.
  3. BERWAWASAN. Cobalah untuk memperluas wawasan Anda dengan mengikuti semua informasi terbaru dari surat kabar harian atau portal lainnya. Membaca buku dan mendengarkan orang lain berbicara juga hal penting.


Hal yang harus diingat ketika ingin berbicara di depan umum yaitu tanamkan dalam diri untuk “say no to minder” sebenarnya hal yang membuat kita kurang percaya diri yaitu pikiran kita sendiri. Angan-angan pikiran negatif, takut dan terbayang-bayang kejadian buruk yang terjadi, “bagaimana kalau aku salah dalam penyampaian?”, “bagaimana kalau bahasaku tidak dimengerti?”, “bagaimana? Bagaimana? Bagaimana?” Yuk ubah pola mindset kita, yakin, berfikir positif dan percaya diri.


Percaya diri merupakan aspek utama yang harus dimiliki ketika ingin ber-public speaking, karena pembawaan diri yang baik dalam public speaking akan membuat audiens merasa nyaman saat pembicara menyampaikan sesuatu. Maka, penting sekali bagi kita semua untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam segala situasi. Nah teman-teman ini ada beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam public speaking:

  1. bangun mindset positif; 
  2. bayangkan sebuah keberhasilan;
  3. menguasai hal yang ingin disampaikan;
  4. menjernihkan pikiran;
  5. terus berlatih;
  6. perbaiki penampilan diri


Itulah enam tips untuk meningkatkan percaya diri dalam public speaking atau ketika ingin presentasi. Lakukan segala sesuatu dengan keyakinan dan percaya diri bahwa kita dapat melakukannya dengan baik.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)