PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS TARBIYAH

0

Foto Bersama Struktur Fakultas Tarbiyah dan Mahasiswa Baru


Mihrab, Martapura 2023- Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura memulai kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) sebagai langkah awal menyambut mahasiswa baru untuk tahun akademik 2023-2024. 


Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan budaya akademik dan kehidupan kemahasiswaan di Fakultas Tarbiyah. Harapannya para mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan lingkungan akademik dan kemahasiswaan, memperkenalkan nilai-nilai dan budaya di Fakultas Tarbiyah, serta membangun rasa kepemilikan dan keterlibatan dalam kehidupan kampus


PBAK Fakultas Tarbiyah dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023. bertempat di AULA Darussalam. Kegiatan PBAK dilaksanakan melalui berbagai sesi, seminar, dan workshop yang dipandu oleh Dekan, Para Wakil Dekan dan Para Ketua Program Studi.


Ibu Drs. Hj. Nurul Aini, M. Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah memberikan materi yang pertama dengan tema "Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura (Pengenalan Fakultas)" beliau di dampingi oleh bapak Ahmad Jauhari, S.Pd.I yang bertugas sebagai muderator dalam pemaparan beliau beliau mengatakan "Selamat datang, mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura. Kami sangat senang menyambut kalian di PBAK tahun ini. Fakultas Tarbiyah adalah tempat untuk mengejar impian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan. Mari kita bersama-sama menjalani perjalanan akademik yang berarti dan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan." 


Di sesi yang kedua disampaikan oleh Masrudin, M. Pd. I selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah bidang Akademik dan Kelembagaan, beliau memberikan materi dengan tema "Penyelenggaraan Pendidikan di Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura".


Di sesi yang ketiga disampaikan oleh Sahrahman, M. Pd. I selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan, beliau memberikan materi dengan tema "Pengenalan Administrasi Umum dan layanan Keuangan Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura". Dalam arahannya beliau sangat menekankan pentingnya bayar UKT tepat waktu agar tidak terjadi penunggakan pembayaran.


Di sesi yang keempat disampaikan oleh Mihrab A, M. Pd. selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah bidang kemahasiswaan dan Kerjasama, beliau memberikan materi dengan tema "Pengenalan Kegiatan Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan serta layanan kemahasiswaan". Beliau mengatakan bahwa "salah satu alasan utama mengapa berorganisasi di kampus sangat penting adalah bahwa hal itu membantu mahasiswa mengembangkan berbagai keterampilan soft skill yang sangat dicari oleh pengusaha di dunia nyata. Organisasi kampus seringkali memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang kepemimpinan, kerjasama tim, komunikasi efektif, dan manajemen waktu".


Peserta Menyimak Arahan dari Narasumber


Di sesi Terakhir di bagi kepada tiga kelompok sesuai program studi masing-masing misal Ketua Program Studi PAI Bapak M. Miftah Arief, M. Pd. menjadi narasumber di Prodi PAI dan seterusnya. di sesi ini dijelaskan seputar program studi, kurikulum, dan tata tertib akademik. Bapak Arief juga menekankan bahwa "Sesi orientasi akademik memberikan pandangan mendalam tentang program studi dan proses belajar di Fakultas Tarbiyah." 


PBAK di Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura adalah langkah awal yang penting dalam perjalanan akademik dan kemahasiswaan mahasiswa baru. Ini tidak hanya memberikan pemahaman yang mendalam tentang fakultas dan budayanya, tetapi juga memungkinkan mahasiswa baru untuk membangun ikatan sosial dan menemukan peluang untuk pengembangan diri. Dengan acara PBAK yang sukses, diharapkan bahwa mahasiswa baru akan siap untuk menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan selama studi mereka di Fakultas Tarbiyah.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)