UAS PS. PIAUD; SERUNYA KEGIATAN PRAKTEK SENAM YANG DILAKUKAN MAHASISWA SEMESTER IV MATA KULIAH PJOK

0


Ahma, Martapura 2023- Saat ini mahasiswa di Fakultas Tarbiyah sedang melaksanakan berbagai aktivitas ujian akhir semester, begitu pun mahasiswa semester VI pada Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, beberapa hari yang lalu mereka melakukan praktek kegiatan senam sebagai bentuk penyelesaian tugas ujian akhir semester (UAS) pada Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang diampu oleh Ibu Arisna Wahyuni M. Pd. dalam praktek senam tersebut mahasiswa dibebaskan memilih musik dan gerakan untuk senam, akan tetapi senam yang dilakukan adalah senam yang bisa diaplikasikan dalam pendidikan Islam anak usia dini.

Praktek senam tersebut dilakukan di kantor Gubernur Banjarbaru, salah satu mahasiswa yang bernama Husnul menjelaskan memilih di sini, karena tempatnya luas dan ingin merasakan pembelajaran di luar lingkup kampus atau biasa disebut strategi outdoor learning.

Dalam praktek senam tersebut mahasiswa terbagi kepada dua kelompok. Namun sebelum praktek senam berlangsung, mereka terlebih dahulu melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan tubuh agar memperkecil resiko cedera. Adapun tujuan dari pemanasan ini adalah meningkatkan sirkulasi peredaran darah, mengembangkan paru-paru, dan meningkatkan detak jantung secara bertahap.
 
Dosen pengampu dari mata kuliah PJOK yaitu Ibu Arisna turut hadir menyaksikan praktek senam tersebut, beliau memaparkan sejumlah tujuan mengapa memberikan tugas akhir semester berupa kegiatan praktek senam, yaitu: (1) agar dapat mengimplementasikan pendidikan jasmani dan kesehatan kepada anak usia dini lebih khusus di pendidikan anak usia dini, (2) agar dapat mengetahui cara senam yang bagus sesuai fase umur anak usia dini.
 
 
Kelompok -I-
 
Tidak hanya itu Ibu Arisna juga berharap untuk para mahasiswa dapat menerapkan dikemudian hari ke beberapa lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di lingkup Kota Martapura, Kota Banjarbaru maupun Kalimantan Selatan khususnya pada fisik motorik anak usia dini, bahasa pada usia dini, nilai agama dan moral, seni maupun kognitifnya dan sebagainya.

Pengamat dan penggiat pendidikan anak usia dini sekaligus founder kids republic Zita Anjani mengatakan “olahraga senam memiliki manfaat besar bagi anak usia dini. Selain mampu melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, olahraga senam bisa membantu perkembangan motorik anak”. Salah satu dari mahasiswa bernama Khairunnisa yang mengikuti praktik senam tersebut juga memaparkan sejumlah alasan mengapa kegiatan senam penting untuk anak usia dini yaitu "kegiatan senam untuk anak usia dini Sangat penting, Karena dengan senam perkembangan fisik motorik anak akan jauh lebih berkembang, dari menstimulasi motorik, sosialisasi (artinya dapat membangun kepercayaan diri anak), meningkatkan kemampuan berpikir anak dan juga dapat memperkuat otot otot anak".

 
Kelompok -I-

Kegiatan senam pada anak usia dini ini juga sangat membantu dalam kesehatan anak, karena dapat mencegah anak dari sakit atau kelebihan berat badan. Nah dari sini kita dapat melihat seberapa pentingnya senam pada anak usia dini. Lebih lanjut mahasiswa lain yang bernama Siti Faridah MZ juga memaparkan tentang feedback yang didapat dari kegiatan Ujian Akhir Semester secara praktek ini yaitu mahasiswa mendapatkan kesehatan tubuh dikarenakan gerakan fisik yang dilakukan. Juga, menambah keakraban antara dosen dan mahasiswa maupun sesama mahasiswa, agar lebih semangat dan antusias karena pembelajaran di luar kampus yaitu halaman GB, dan kami juga mendapatkan banyak arahan dan rekomendasi gerakan senam yang baru untuk diterapkan di lembaga masing-masing nantinya.
 
 
 
 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)