JUMAT MULIA; KEUTAMAAN HARI JUMAT DAN ANJURAN MELAKUKAN BERBAGAI AMALAN DAN DOA DOA

0

Sayuda, Martapura 2023- Hari jumat adalah hari baik bagi umat Islam, di dalam agama Islam hari Jumat termasuk hari yang istimewa  karena termasuk rajanya hari. Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, hari Jumat adalah hari terbaik dari semua hari yang ada. Meskipun demikian, tidak ada hari terburuk dalam Islam karena pada dasarnya semua hari adalah waktu yang baik untuk melakukan ibadah dan amalan.

 

Keutamaan hari Jumat adalah menjadi hari yang paling mustajab untuk berdoa. Orang-orang mukmin yang memanjatkan doa di hari Jumat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah SWT, maka doanya tersebut akan dikabulkan.

 

Namun, itu bukan berarti memanjatkan doa di hari lain tidak dikabulkan. Berdoa memang bisa dilakukan kapan saja dan di hari apa saja namun ada beberapa waktu yang mustajab untuk melakukannya. Hari Jumat merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta sebuah kebaikan dari Allah SWT.

 

Seperti berdoa untuk memohon keberkahan, memohon pertolongan, memohon agar terhindar dari musibah, dan doa memohon kelancaran rejeki. Berikut doa-doa baik yang dianjurkan, antara lain:

Doa untuk memohon keberkahan

اللَّهُمَّ لَكُمْ بَرَكَةُ الْجُمُعَةِ ضُهْرًا، وَالْبَسَّكُمْ مِنْ تَقْوَاهُ نُورًا، جُمْعَةٍ مُبَارَكَةٍ

Artinya: "semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, jumat yang diberkahi.”

 

Doa untuk memohon pertolongan

أسعدكَ اللهُ بصعيد هَذَا اليومِ المُبَارَكِ، ووَسَعَ عَلَيْكَ رِزْقَكَ وَأَلْهَمَكَ ذِكْرَهُ، وَأَجَابَ دَعْوَتَكَ، وَزَادَكَ مِنْ فَضْلِهِ، وَحَفِظَ دِينَكَ وَأَيَّدَكَ بِنَصْرِهِ، وَرَضِيَ عَنْكَ وَأَرْضَاكَ عَنْ حُبِّهِ، وَعَنِ النَّارِ أَبْعَدَكَ وَأَدْخَلَكَ جَنَّتَهُ، وَلِلْخَيْرِ أَرْشَدَكَ وَكَفَاكَ نِعْمَتِهِ.

Artinya: "semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya

 

Doa memohon terhindar dari musibah

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: “semoga Allah memberi berkah untukmu dalam kebaikan. Semoga Allah memberi berkah dalam musibahmu. Dan semoga Allah mengampuni kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan

 

Doa memohon rezeki dari surat Al-Maidah

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: "ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki"

 

Itulah beberapa doa-doa yang dianjurkan dibaca ketika hari Jumat. Tahukah kalian di hari Jumat juga dianjurkan untuk memakai wewangian? Khususnya bagi laki-laki muslim dianjurkan mengenakan wangi-wangian merupakan ibadah  yang bisa dilakukan laki-laki sebelum berangkat sholat Jumat.


Tidak hanya amalan-amalan yang disebutkan diatas, pula di hari Jumat umat Islam dianjurkan memperbanyak membaca Dzikir, Sholawat, dan juga perbanyak membaca Al-Qur'an seperti surat Al-Kahfi, dan surat-surat pendek lainnya yang ada dalam Al-Qur'an.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)