Visi Misi Prodi PGMI IAI-Darussalam

zul
0

Visi Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah adalah:
“Unggul dalam mencetak pendidik Madrasah Ibtidaiyah profesional yang berlandaskan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah”

Adapun Misi Program Studi PGMI sebagai berikut:
1)    Melaksanakan dan meningkatkan pembelajaran secara profesional.
2)    Meningkatkan penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang PGMI.
3)    Meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat
4)    Menciptakan suasana akademik yang profesional
5)    Melakukan penjenjangan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan kompetensi yang relevan.
6)    Melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah maupun swasta sesuai
7)    Tridharma Perguruan Tinggi.
8)    Memperoleh out put yang kompeten dan profesional yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah.
9)    Aktif memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam sesuai Tridharma Perguruan Tinggi.
Berdasarkan misi Program Studi PGMI, maka tujuan yang ingin dicapai selama rentang waktu 5 (lima) tahun  adalah :
1)  Tercapainya peningkatan kegiatan pembelajaran  yang profesional.
2)  Terlaksananya penelitian dosen dan mahasiswa.
3)  Terlaksananya layanan kepada masyarakat untuk memberikan  pemahaman tentang pendidikan Islam terutama bidang PGMI.
4)  Terciptanya suasana akademik yang professional
5)  Terlaksananya proses penjenjangan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan kompetensi yang relevan.
6)  Terciptanya kerjasama dengan pihak pemerintah maupun swasta sesuai Tridharma Perguruan Tinggi.
7)  Melahirkan out put yang kompeten dan profesional  yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah.
8)  Aktifnya memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam sesuai Tridharma Perguruan Tinggi.
Adapun strategi Prodi PGMI sebagai berikut:
1)  Melakukan koordinasi setiap melaksanakan kegiatan akademik sesuai dengan prosedur.
2)  Melaksanakan pengelolaan administrasi secara sistematis.
3)  Melaksanakan manajemen yang akuntabilitas dan transparans.
4)  Penguatan Tata Kelola dan Penjamin Mutu, dengan kebijakan strategi: a) Meningkatkan keunggulan kelembagaan  dan Pusat Penjaminan Mutu, b) Meningkatkan akreditasi program studi sampai peringkat minimal.
5)  Bidang Kemahasiswaan dan Lulusan, dengan kebijakan strategi: a) Lembaga Penjaminan Mutu melakukan sosialisasi Kriteria kemahasiswaan dan alumni seluruh sivitas akademika, b) Institut mengalokasikan dana untuk meningkatkan kegiatan kemahasiswaan dan alumni. c) Kapasitas penerimaan mahasiswa baru disesuaikan dengan rasio dosen dan mahasiswa.
6)  Bidang Sumber Daya Manusia dengan kebijakan strategi: a) Penguatan sistem SDM  b) Peningkatan kesejahteraan dosen dan kependidikan c) Meningkatkan kegiatan ilmiah dosen pada skala nasional.
7)  Bidang Kurikulum dan suasana Akademik, dengan kebijakan strategi: a) Melibatkan secara aktif unit kerja terkait dalam perancangan, penyusunan dan penetapan Kriteria Isi, Kriteria proses Kriteria evaluasi dan Kriteria PKM di tingkat perguruan tinggi, dan progam studi, b) Melakukan diskusi internal unsur pimpinan dan pengelola prodi, c) Membugarkan sistem tata pamong, dan tata kelola kurikulum prodi, d) Pimpinan membina hubungan dengan organisasi profesi, alumni, pemerintah, dan dunia usaha sebagai pengguna lulusan, khususnya dalam merencanakan penyusunan kurikulum.
8)  Bidang Sumber Daya Asset, Pembiayaan dan Sistem Informasi, dengan kebijakan strategi: a) Perbaikan sistem tata kelola Sapras dan Informasi secara menyeluruh, b) Melakukan usaha untuk memperoleh dana selain dari mahasiswa melalui unit usaha, c) Peningkatan akses hibah institusi.
9)  Bidang Penelitian, dengan kebijakan strategi: a) Meningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dalam bidang keislaman, dan b) Berupaya meningkatkan mutu penelitian dosen dan publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah berbasis lokal, nasional terakreditasi maupun jurnal internasional.
10) Bidang Pengabdian Masyarakat, dengan kebijakan strategi: a) Berupaya mewujudkan adanya sisitem kebijakan pengabdian kepada masyarakat yang konfrehenisif, dikembangkan dan terpublikasikan oleh Institut, b) Berupaya mewujudkan adanya WEB sistem informasi pengabdian kepada masyarakat, c) Berupaya mewujudkan kebijakan yang berkesinambungan dilakukan Instituti berkaitan dengan mutu pengabdian kepada masyarakat, d) Berupaya mewujudkan terciptanya suasana kondusif  yang memungkinkan bagi para dosen dan mahasiswa untuk lebih berkerasi dan berinovasi dalam pengabdian kepada masyarakat.
11) Bidang Luaran dan Capaian, dengan kebijakan strategi: a)Meningkatan  Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa, b) Meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa, c) Meningkatkan rasio kelulusan mahasiswa, d) Meningkatkan daya saing lulusan, dan e) Meningkatkan Publikasi Ilmiah
Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)