Tujuan Prodi PGMI IAI-Darussalam

zul
0

 

A.      Tujuan

1.     Terlaksananya peningkatan kegiatan pendidikan/pembelajaran secara professional dalam bidang pendidikan Islam.
2.     Terlaksananya peningkatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang pendidikan Islam.
3.     Terlaksananya peningkatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Islam.
4.     Terciptanya lulusan yang kompeten dan professional sebagai guru Pendidikan Agama  Islam  (PAI),  Pendidikan   Islam  Anak Usia  Dini  (PIAUD)  dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang berlandaskan faham Ahlussunnah wal Jamaah anNahdliyah.
5.     Terlaksananya peningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan Islam dengan pihak pemerintah maupun swasta melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
6.     Terlaksananya peningkatan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan melalui pendidikan  ke jenjang  yang   lebih  tinggi  dan  pelatihan  sesuai  dengan kompetensi yang relevan.
7.     Terlaksananya peningkatan layanan administrasi secara profesional.
Adapun sasaran yang ingin dicapai oleh Fakultas Tarbiyah sebagai berikut:
1. Tata Pamong, kepemimpinan dan system pengelolaan
Terciptanya suasana akademik yang kondusif di lingkungan sivitas akademika dan mempunyai komitmen bersama untuk meningkatkan kegiatan akademik di lingkungan Fakultas Tarbiyah. Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan koordinasi dalam melaksanakan setiap kegiatan akademik sehingga pengelolaan Fakultas menjadi efektif, efisien, akuntabel dan transparan.
 2. Penjaminan Mutu
Terlaksananya kegiatan penjaminan mutu dan pengembangan standar mutu Fakultas Tarbiyah. Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kinerja penjaminan mutu dalam melakukan monitoring kegiatan sehingga standar mutu yang ada selalu sesuai dengan kebutuhan.
1.      Mahasiswa dan Lulusan
Tercapainya rekruitmen mahasiswa baru sesuai dengan daya tampung dan menghasilkan lulusan yang kompeten, baik sebagai guru guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam AnakUsia Dini (PIAUD). Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi yang dilakukan adalah intens melakukan sosialisasi tentang keberadaan Fakultas Tarbiyah dan program studi yang dimiliki
2.      Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik
Terlaksananya telaah kurikulum, interaksi aktif dalam pembelajaran dan terciptanya suasana akademik yang kondusif. Untuk mencapai sasaran tersebut, maka telaah kurikulum/silabus dilakukan secara berkala agar selalu sesuai dengan perkembangan. Monitoring kinerja dosen dan tenaga kependidikan pun dilakukan secara berkala sehingga tercipta suasana akademik kondusif dalam pengelolaan dan penyelenggaraan Fakultas Tarbiyah.
3.     Pembiayaan, sarana dan prasarana serta system informasi
Tersedianyaa dana sesuai dengan anggaran, sarana dan prasarana serta system informasi yang sesuai dengan kebutuhan .Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi yang dilakukan adalah dengan mengalokasikan dana secara tepat, pengadaan sarana/prasarana yang bersifat penting/mendesak, dan update sistem informasi.
4.     Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama
Tercapainya peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian dan kerja samadengan instansi pemerintah atau swasta dalam bidang pendidikan Islam. Untuk mencapai sasaran tersebut, strategi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan dan memaksimalkan penelitian, pengabdian dan kerja sama dalam bidang pendidikan Islam.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)