5 TAHUN HMP PIAUD; PUKAU PENONTON DENGAN ADAKAN PERTUNJUKAN KOTAK BAYANG

0

Pertunjukan Kotak Bayang oleh HMP PIAUD 

Mihrab, Martapura 2023- Beberapa hari yang lalu Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMP PIAUD) mengadakan hari yang berbahagia karena berumur lima tahun tepat pada tanggal Ahad, 08 Oktober 2023. Perayaan hari kelima tahun ini, mereka dengan penuh semangat dan dedikasi yang tinggi. Mengangkat tema "Merangkul Sesama, Untuk Maju Bersama, Berpikir Cerdas, Bertindak Tepat," perayaan ini menandai pencapaian dan komitmen HMP PIAUD dalam memajukan diri dan membantu kemajuam Fakultas Tarbiyah. 


Perayaan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua Umum HMP PIAUD, Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Ketua Program Studi PIAUD yang di wakilkan oleh Bapak Hanafi M, Pd.I, Dekan Fakultas Tarbiyah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dan beberapa tamu dari organisasi di Lingkungan Fakultas dan IAI Darussalam Martapura 


Yunita Ketua Penitia HARLAH Ke-5 menegaskan acara ini diselenggarakan di AULA Barakat. Yunita, memimpin tim yang telah berupaya keras untuk menjadikan perayaan ini berkesan. Dia menyatakan, "Kami sangat bangga dan bersyukur dapat merayakan hari kelima tahun HMP PIAUD ini. Tema kami mencerminkan semangat kami untuk berkolaborasi, belajar, dan tumbuh bersama sebagai organisasi di bawah Fakultas Tarbiyah".


Lebih lanjut, Ketuplak mengucapkan selamat dan mengakui peran penting HMP PIAUD dalam membentuk mahasiswa menjadi individu yang bertanggung jawab dan berpikir kritis. "HMP PIAUD adalah rumah bagi mahasiswa kami. Di sini, mereka belajar untuk menjadi pemimpin masa depan yang cerdas dan berkomitmen," imbuh Ketuplak.

Foto Atas: Sambutan Wakil Rektor; Foto Tengah: Sambutan Ibu Dekan Fakultas Tarbiyah; Foto Bawah: Sambutan Perwakilan Ketua Prodi PIAUD


Sambutan-sambutan dan kegiatan yang diprakarsai selama perayaan ini mencerminkan komitmen HMP PIAUD untuk terus berkembang dan memberikan dampak positif pada masyarakat dan dunia pendidikan anak usia dini. Mereka menyadari bahwa pendidikan adalah kunci keberhasilan masa depan, dan dengan semangat mereka yang tinggi, mereka siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada. 


"Kami berharap untuk terus tumbuh dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia pendidikan anak usia dini. Tema perayaan ini mencerminkan visi kami untuk merangkul sesama, belajar bersama, berpikir cerdas, dan bertindak tepat dalam upaya memajukan pendidikan anak usia dini di Indonesia," kata Khadizah, Ketua HMP PIAUD dengan bangga merayakan lima tahun eksistensinya dengan semangat yang lebih kuat untuk mencapai prestasi dan memberikan perubahan positif dalam dunia pendidikan anak usia dini. Dengan tema yang menginspirasi, mereka siap menghadapi masa depan dengan penuh semangat dan tekad yang tinggi. 

Selamat ulang tahun yang kelima, HMP PIAUD! Semoga terus maju dan berkontribusi besar bagi bangsa dan negara Khusus Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Bapak Hanafi M, Pd.I, mewakili Ketua Program Studi PIAUD, menekankan pentingnya pendidikan anak usia dini dalam membangun fondasi yang kuat untuk masa depan bangsa. "Pendidikan anak usia dini adalah kunci bagi perkembangan anak-anak kita. HMP PIAUD memainkan peran penting dalam mencetak guru-guru muda yang berkualitas dalam bidang ini," katanya. 

Acara perayaan ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk: 

1. Pemotongan Tumpeng: Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Hanafi M, Pd.I. Tumpeng adalah simbol tradisional dalam budaya Indonesia yang melambangkan kesuksesan dan kesatuan. Ini menjadi momen yang sangat berarti bagi seluruh pengurus dan warga HMP PIAUD. 

Pemotongan Tumpeng Oleh Ketua HMP PIAUD & Perwakilan Ketua Prodi PIAUD 

2. Pertunjukan Kotak Bayang: Anggota HMP PIAUD memamerkan bakat mereka dalam pertunjukan kotak bayang yang memukau. Pertunjukan ini menggambarkan cerita-cerita moral yang relevan dengan pendidikan anak usia dini.

Kotak bayangan, juga dikenal sebagai wayang kulit atau shadow puppet dalam bahasa Inggris, adalah bentuk seni tradisional yang berasal dari Indonesia, khususnya Jawa. Ini adalah seni pertunjukan di mana boneka-boneka tipis yang terbuat dari kulit atau bahan lainnya digunakan untuk menghasilkan bayangan yang diproyeksikan pada layar putih atau kain. Pertunjukan ini sering diiringi oleh cerita atau lakon yang dipentaskan oleh dalang atau pemain bayangan yang tersembunyi di balik layar.

Pertunjukan kotak bayangan adalah bentuk seni yang sangat kaya budaya dan sejarah. Ini tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk menyampaikan pesan moral, agama, dan budaya kepada penonton. Pertunjukan ini telah menjadi bagian integral dari tradisi seni pertunjukan di Indonesia dan masih terus dipertahankan dan dihargai hingga saat ini.

Penyerahan Kenang-kenangan Untuk Narasumber Pelatihan Membuat Makalah 

3. Pelatihan Pembuatan Makalah: Bagian penting dari acara ini adalah pelatihan pembuatan makalah yang dipandu oleh pemateri Ibu Nurul Husna, M. Pd. Pelatihan ini memberikan mahasiswa alat untuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan menulis akademik yang berkualitas.








Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)