BERKAS SURAT PERNYATAAN KONSENTRASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

0


Risaul Hidayati, Martapura- Memilih konsentrasi atau peminatan dalam masa pandemi Covid-19 merupakan suatu problematika ditengah pendidikan yang lagi digagaskan oleh Mentri Pendidikan untuk secara daring. Tentu ini juga menjadi tantangan bagi Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura untuk mengenalkan apa itu konsentrasi walau hanya secara daring tidak seperti tahun sebelumnya pengenalan Konsentrasi PAI itu deikenalkan secara tatap muka dan ada umpan balik dari mahasiswa yang akan memilih konsentrasi.

Konsentrasi merupakan pengkhususan studi yang diambil dalam sebuah Program Studi. Jadi, yang dipelajari lebih spesifik dan terarah ke suatu bidang. Umumnya konsentrasi atau peminatan ini dipilih oleh mahasiswa itu sendiri kemudian diseleksi oleh tim verifikasi Fakultas Tarbiyah. Walaupun konsentrasi tersebut ada bermacam-macam, namun tetap pada payung ilmu yang sama. Konsentrasi memiliki disiplin ilmu yang berasaskan kesamaan lantas mengapa harus dibuat konsentrasi yang merupakan sejenis pecahan?

Perlu diketahui bahwa dalam suatu program studi, ada banyak hal yang harus dipelajari. Karena keterbatasan standar perkuliahan sehingga tidak bisa semua hal dibahas secara mendalam. Dengan demikian, tujuan dari dibuat konsentrasi ini antara lain untuk memberikan kompetensi yang lebih profesional dan keilmuan yang mendalam kepada bidang tertentu yang diminati mahasiswa.

Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Darussalam Martapura menerapkan pemilihan konsentrasi untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun Prodi PAI disediakan empat konsentrasi, yakni 1) Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Aqidah Akhlak, 3) Fiqih dan 4) Qur’an Hadits.

Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura Melancangkan Pertama-tama, mahasiswa diperintahkan untuk menentukan tiga konsentrasi yang diminati dari empat pilihan konsentrasi yang ada. Namun kebanyakan mahasiswa masih bingung dalam menetapkan konsentrasi yang akan dipilih. Nah, ada beberapa tips dalam memilih konsentrasi, yakni:

  1. Membuka diri untuk mengetahui berbagai bidang yang ada. Alangkah baiknya sebelum memilih kita mengetahui info-info mengenai semua konsentrasi. Info tersebut dapat didiperoleh dengan bertanya kepada Dosen Penasehat Akademik, Kaprodi PAI, atau kakak tingkat di kampus.
  2. Berpikir panjang ke depan. Ini terkait dengan profesi atau pekerjaan yang akan digeluti di masa depan. Karena setiap konsentrasi memiliki keterkaitan dengan profesi atau bidang pekerjaan tertentu.
  3. Mencari tahu mengenai mata kuliah yang akan dipelajari pada konsentrasi tersebut. Hal ini agar lebih bisa memilih jelas dalam menentukan yang sesuai dengan minat dan bakat.
  4. Mencari tahu kewajiban dan konsekuensi yang terkait dalam konsentrasi yang dipilih. baik dalam praktek kerja lapangan ataupun tugas akhir nanti.
Setelah menentukan dengan mantap mengenai konsentrasi apa yang akan dipilih, selanjutnya mahasiswa mengisi surat pernyataan konsentrasi berupa soft file yang diberikan atas nama Fakultas Tarbiyah. Dan sebagai surat yang resmi, maka harus menggunakan materai dan dibubuhi tanda tangan dari mahasiswa yang mengisi. silahkan unduh antara lain; Surat Pernyataan silahkan KLIK , Tugas Ketua KLIK 


 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)